Headphones – an Oasis of Privacy


Saat ini sebagian besar dari kita terbiasa mendengarkan musik melalui headphone. Di rumah, kantor, di ruang-ruang publik seperti transportasi umum, perpustakaan, bahkan menemani aktivitas seperti berkendara dan berolahraga. Headphone seakan menjadi bagian tidak terpisahkan dari generasi millennial saat ini.

Headphones memberikan kita kontrol absolut terhadap apa yang mau kita dengar dari lingkungan sekitar kita, memberikan kita sekat tersendiri dalam ruang publik, layaknya sebuah oase privasi.


Di zaman di mana privasi menjadi hal yang langka, headphone telah menjadi semacam pelindung kecil tak terlihat bagi pikiran kita, memberikan ruang – ruang privat, menciptakan isolasi, pelarian dan mungkin membantu kita mendengarkan diri sendiri lebih baik.


Apakah headphone menjadikan kita menjadi anti-sosial?, Stephen Marche mungkin punya jawabannya. Dia bilang, "Harga dari sebuah kemandirian sering kali adalah kesendirian." Dan sebagian besar dari kita dengan senang hati membayar harganya.

Manusia selalu punya alam pikirannya sendiri. Dan headphone mempunyai kapasitas untuk membuat musik seperti pikiran kita. Sesuatu yang orang lain tidak bisa dengar. Sesuatu yang bisa kita pilih untuk kita bagikan.

Dr. Micheal Bull, dari University of Sussex, memberikan pernyataan yang jelas bagaimana perangkat musik pribadi telah mengubah hubungan manusia dengan lingkungan sekitar. Dia mengatakan, “Manusia suka mengendalikan lingkungan sekitarnya.” Dia juga bilang, “Kau merasa aman jika bisa merasakan ada orang lain di sekitar, tapi kau tidak mau berinteraksi dengan mereka.”


Headphone seakan mempunyai kode etik tersendiri. Kita seakan secara alami mengira kalau orang yang sedang menggunakan headphone berarti sedang sibuk atau tidak peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Semacam aura privasi. Dua cangkang plastik yang terhubung dengan seutas kabel yang ditemukan Baldwin di dapurnya untuk angkatan laut Amerika Serikat telah menjadi semacam aksesories sosial dengan pesan yang jelas : "I am here, but I am separate."

Headphone pertama yang ditemukan Baldwin

Komentar